Minggu, 06 Juli 2008

Intelektual Publik (10)

KALAU kita kembali ke definisi New York Times, syarat lain untuk disebut sebagai intelektual publik adalah bahwa dia mampu membahas persoalan-persoalan aktual atau issues of the day. Membahas isu aktual tanpa menyertakan pembahasan metodologi atau konsep sehingga bisa diterima publik.
Saya mencoba membuat model level analysis intelektual publik seperti di bawah ini:

Gambar di atas adalah model dua segi tiga yang saling terbalik. Model ini menggambarkan hubungan antara isu level isu yang dibahas dengan kemungkinan jumlah audience-nya.
Kalau kita menulis hal-hal konseptual (pada blok paling atas dari kedua segitiga), maka di sebelah kanan akan terlihat bahwa audience-nya terbatas. Paling yang tertarik membaca adalah para pakar di bidangnya. Publik tidak ada urusannya dengan tulisan-tulisan semacam ini. Tulisan-tulisan seperti itu adalah porsinya jurnal ilmiah (scholar journal).
Pada level yang lebih rendah, misalkan si intelektual publik sudah mulai mengoperasionalkan konsep itu menjadi semi konseptual dalam menganilisis persoalan aktual, maka pembacanya sudah mulai meluas, namun masih terbatas. Audience-nya sudah mulai meluas, tidak hanya kaum akademis atau kawan se level, namun juga publik kalangan intelektual menengah ke atas.
Nah...jika si intelektual publik sudah mulai semakin mengoperasionalkan konsep dalam membahas persoalan sehingga menyentuh kepentingan publik, maka tulisannya akan dibaca oleh semua kalangan (all audiences).
Intelektual publik bergerak dari level dua ke bawah. Dia tidak mengawang-awang di level atas. Level dua ke bawah adalah ruang gerak intelektual publik.
Karena itu, jika Anda ingin menulis di media, jangan menulis seperti textbook atau skripsi. Pasti redaktur akan malas menerimanya. Begitu juga kalau Anda berbicara, jangan yang mengawang-awang, karena ruang publik bukan ruang kelas pelajaran filsafat.
Di seri berikutnya, saya akan memberi contoh kasus.***
(bersambung...)

4 komentar:

Anonim mengatakan...

This is really Nice Blog, Best informations and best Articles and nice design !!!
Wait new posting from this blog

Find another Best links in our Websites :

If you have still problem with virus Godham, virus rontokbro / brontok, brontoxyou can find here antivirus for remove all virus brontok here. our antivirus new and updated and care erase all virus brontok on your computer.YOU CAN FIND BEST SOFTWARE ANTIVIRUS 2008 HERE! AND YOU CAN DIRECTDOWNLOAD BEST SOFTWARE ANTIVIRUS 2008! OUR ANTIVIRUS UPDATED AND WE CAN ONLINE SCAN YOUR FILES, FIND NOW!!!

DOWNLOAD BEST SOFTWARE ANTIVIRUS 2008

Mamah Ani mengatakan...

nggak ada SB ?
itu joke khas orang bandung....
kalau tricycle mah atuh tetap seimbang biar diem juga, bahkan si emang emangnya tidur pulas

tadi ketemu annis di hajatan, lupa nyampein salam

Anonim mengatakan...

menarik! membawakan sebuah tema konseptual dalam sajian sentuhan publik, pastinya lebih mengena pada pembaca yang lebih luas.. :) ditunggu sambungannya..

Fida Abbott mengatakan...

Hello Mas Budhiana,
You have very interesting contents. I have linked your Blog at mine.

Regards from PA.