Sabtu, 26 Juli 2008

Intelektual Publik (12)

KITA ulang syarat intelektual publik: pengetahuan, otoritas, isu aktual (issues of the day), dan bahasa populer. Kita sudah membahas soal pengetahuan dan otoritas. Nah...kini kita bahas isu aktual.
Artikel di media massa itu sangat terkait dengan berita. Istilahnya, artikel itu adalah newspeg. Jadi, kalau sekarang lagi rame soal korupsi, jangan menulis soal bencana alam. Begitu pula sebaliknya.
Namun artikel bisa juga tidak bersifat newspeg, akan tetapi bisa terkait dekat dengan pembaca media tersebut. Misalnya, ketika koran Pikiran Rakyat yang terbit di Bandung sedang giatnya menurunkan tulisan tentang kenaikan bahan bakar minyak (BBM), tiba-tiba ada seorang ahli geologi ITB mengirimkan tulisan tentang teori baru tentang bagaimana mengeringnya danau Bandung purba. Selama ini orang Bandung yakin bahwa danau purba mengering melalui sebuah celah sungai Citarum yang bernama Sanghyang Tikoro. Namun, teori baru itu dibantah oleh geolog ini. Sang geolog menyebutkan, keringnya danau Bandung tidak melewati Sanghyang Tikoro, akan tetapi melalui daerah lain.
Tulisan di atas tentu tidak aktual dan tidak bersifat newspeg, namun sangat terkait dengan pemahamam lingkungan orang Bandung. Jadi, tetap menarik untuk ditulis.*** (bersambung...)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

masih bersambung lagi mas.,.,

Mamah Ani mengatakan...

katanya menulis itu asyik...koq hiatus lama ya