Kamis, 26 Juni 2008

Crayon Community


APRIL lalu di masjid Salman berdiri sebuah komunitas bernama Crayon Community. Crayon adalah akronim dari "Create Your Own News." Komunitas ini bertujuan mendorong setiap orang untuk tidak hanya menjadi konsumen informasi saja, akan tetapi juga prdusen informasi.
Maka, yang selama ini hobi membaca buku, kali ini harus membuat buku. Yang selama ini membaca puisi orang lain, kini harus menulis puisi sendiri. Yang selama ini membaca berita orang, kali ini harus membuat berita sendiri. Nah, untuk yang terakhir ini namanya citizen journalism. Yang dulunya tukang download, sekarang saatnya jadi uploader. Pokoknya, yang selama ini seorang konsumen informasi, dia harus jadi produsen informasi. Dalam era konvergensi, dia harus jadi produsen dan konsumen sekaligus atau prosumen.
Maksud pembentukan komunitas ini sebetulnya adalah menghadapi situasi ke depan. Akses ke dunia informasi akan semakin mudah, murah, dan cepat. Wimax misalnya, menjadikan kita akan ngebut di dunia maya. Tapi kalau perilaku kita masih sebagai konsumen, maka cilaka kita.
Padahal pengguna internet sekarang sudah 25 juta orang (meski yang sangat aktif kira-kira 5 juta saja). Tapi psar ini masih terbuka lebar. Dengan penduduk yang 230 juta, jika 30 juta saja berperilaku sebagai produsen, maka bangsa ini bisa "lompat katak" meninggalkan negeri-negeri lain.***

2 komentar:

Yusuf Yudi mengatakan...

kang budhi, asyik juga baca artikelnya, saya ikuti terus dech artikelnya

Anonim mengatakan...

ngomong-ngomong tentang WiMax, sudah ada di Indonesia?

Kalau begitu kenapa internet mahal dan lag masih banyak beredar ya... Berbeda dengan tarif negara-negara lain tampaknya..
(salah satu kena imbas koneksi lag, maklum...)